Halaman

Minggu, 29 April 2012

Punya Kakak Super

Punya kakak yang sempurna alias super di mata ortu nggak selalu enak. Apalagi, kalau si kakak punya prestasi segudang. Pastinya, bukan cuma ortu yang bakalan membandingkan kita, keluarga besar dan para tetangga juga ikutan.

Jangan langsung sewot ataupun minder bila ada orang yang mulai membandingkan kita dengan si kakak super. Ambil napas dalam-dalam dan lakukan hal-hal berikut.

Perbandingan = Motivasi

Hapus jauh-jauh rasa nggak pede dari diri kita. Bila ortu mulai membandingkan kita dengan si kakak super, ambil sisi positifnya. Mulai berpikir kalau ortu sebenarnya mau memotivasi kita untuk jadi lebih baik. Lihat ini sebagai nasihat terselubung dari ortu kita.

Kerjasama Dengan Kakak Super
Rasanya sulit untuk berhasil kalau kita nggak mau belajar. Buang rasa segan atau gengsi untuk meminta bantuan si kakak super. Misalnya, kita kesulitan dalam pelajaran tertentu. Coba minta si kakak super mengajari bagian materi yang kita nggak paham.

Tampilkan Bakatmu

Kita boleh saja nggak punya prestasi di bidang akademis. Namun, pasti ada bakat lain yang berpotensi sukses. Nah, tampilkan prestasi bakatmu itu kepada ortu. Pastinya ini bisa membuat mereka bangga. Misalnya, dalam bidang seni. Kita bisa tunjukkan hasil karya kita tersebut ke ortu.

Jadi Diri Sendiri
Sering dibanding-bandingkan dengan si kakak super bukan berarti kita harus menjadi sepertinya. Kita punya gaya, cara, dan bakat sendiri yang masih bisa dikembangkan. Percaya deh, ada jiwa bintang di dalam diri setiap orang. Ayu – Foto: Dok. Feminagroup

Tidak ada komentar: